GRAPH DALAM BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER.
Graf adalah struktur data yang digunakan untuk
merepresentasikan hubungan antara objek-objek. Graf terdiri dari simpul (node)
dan tepi (edge) yang menghubungkan simpul-simpul tersebut.
1. Simpul (Node):
Simpul adalah titik atau
objek dalam graf yang merepresentasikan entitas tertentu. Simpul pada graph
disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks
disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa
simpul x terhubung ke simpul y.
Dalam graf sosial, simpul dapat mewakili pengguna media sosial. Dalam graf jalan, simpul bisa menjadi persimpangan atau kota.
Contoh: Jika A mengikuti
B dan B mengikuti C, maka A dan B adalah simpul, dan ada dua sisi yang
menghubungkan A ke B dan B ke C.
2. Tepi (Edge):
Tepi adalah koneksi atau hubungan antara dua simpul dalam graf.
Contoh: Jika simpul adalah pengguna media sosial, tepi dapat mewakili koneksi pertemanan antar pengguna. Dalam graf jalan, tepi dapat menggambarkan jalan yang menghubungkan dua tempat.
3. Graf Berarah dan Tidak Berarah:
Graf berarah memiliki arah pada tepi,
artinya koneksi antara dua simpul memiliki orientasi. Graf tidak berarah tidak
memiliki arah spesifik pada tepi.
Contoh: Dalam graf sosial yang berarah, A berteman dengan B tidak sama dengan B berteman dengan A. Dalam graf jalan tidak berarah, jalan dari kota A ke kota B sama dengan dari kota B ke kota A.
4. Graf Berbobot dan Tidak Berbobot:
Definisi: Graf berbobot memiliki nilai
terkait dengan tepi, sementara graf tidak berbobot tidak memiliki nilai
tertentu.
Contoh: Dalam graf berbobot, tepi dapat memiliki bobot yang mewakili jarak, waktu, atau biaya antara simpul-simpul. Dalam graf tidak berbobot, tepi hanya menunjukkan adanya koneksi tanpa nilai tambahan.
5. Siklus (Cycle) dan Graf Acyclic:
Definisi: Siklus dalam graf adalah
rangkaian tepi yang membentuk suatu lingkaran. Graf acyclic tidak memiliki
siklus.
Contoh: Jika Anda dapat bergerak dari simpul A melalui beberapa tepi dan kembali ke A, graf tersebut memiliki siklus. Graf acyclic tidak memiliki kemungkinan untuk kembali ke simpul awal.
6. Contoh Penggunaan Graf:
Sosial Media: Graf digunakan untuk
mewakili jaringan pertemanan di platform sosial.
Jaringan Transportasi: Graf dapat
menggambarkan hubungan jalan, rel kereta, atau penerbangan antar lokasi.



Komentar
Posting Komentar