GRAPH DALAM BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER.

 

Graf adalah struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara objek-objek. Graf terdiri dari simpul (node) dan tepi (edge) yang menghubungkan simpul-simpul tersebut. 


1. Simpul (Node):

Simpul adalah titik atau objek dalam graf yang merepresentasikan entitas tertentu. Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y.

Dalam graf sosial, simpul dapat mewakili pengguna media sosial. Dalam graf jalan, simpul bisa menjadi persimpangan atau kota.

Contoh: Jika A mengikuti B dan B mengikuti C, maka A dan B adalah simpul, dan ada dua sisi yang menghubungkan A ke B dan B ke C.

2. Tepi (Edge):

Tepi adalah koneksi atau hubungan antara dua simpul dalam graf.

   Contoh: Jika simpul adalah pengguna media sosial, tepi dapat mewakili koneksi pertemanan antar pengguna. Dalam graf jalan, tepi dapat menggambarkan jalan yang menghubungkan dua tempat.

3. Graf Berarah dan Tidak Berarah:

   Graf berarah memiliki arah pada tepi, artinya koneksi antara dua simpul memiliki orientasi. Graf tidak berarah tidak memiliki arah spesifik pada tepi.

   Contoh: Dalam graf sosial yang berarah, A berteman dengan B tidak sama dengan B berteman dengan A. Dalam graf jalan tidak berarah, jalan dari kota A ke kota B sama dengan dari kota B ke kota A.

4. Graf Berbobot dan Tidak Berbobot:

   Definisi: Graf berbobot memiliki nilai terkait dengan tepi, sementara graf tidak berbobot tidak memiliki nilai tertentu.

   Contoh: Dalam graf berbobot, tepi dapat memiliki bobot yang mewakili jarak, waktu, atau biaya antara simpul-simpul. Dalam graf tidak berbobot, tepi hanya menunjukkan adanya koneksi tanpa nilai tambahan.

5. Siklus (Cycle) dan Graf Acyclic:

   Definisi: Siklus dalam graf adalah rangkaian tepi yang membentuk suatu lingkaran. Graf acyclic tidak memiliki siklus.

   Contoh: Jika Anda dapat bergerak dari simpul A melalui beberapa tepi dan kembali ke A, graf tersebut memiliki siklus. Graf acyclic tidak memiliki kemungkinan untuk kembali ke simpul awal.

6. Contoh Penggunaan Graf:

   Sosial Media: Graf digunakan untuk mewakili jaringan pertemanan di platform sosial.

   Jaringan Transportasi: Graf dapat menggambarkan hubungan jalan, rel kereta, atau penerbangan antar lokasi.

 


Komentar

Postingan Populer